Kriteria untuk Memilih Kapten Tim Sepak Bola

Kriteria untuk Memilih Kapten Tim Sepak Bola – Memilih kapten bisa menjadi keputusan yang sulit, dengan dampak yang bertahan lama. Dengan pemain yang tepat sebagai pemimpin tim, pelatih dapat memperkuat pengaruh mereka dan menambah kesuksesan musim ini.

Kapten tim juga merupakan cara yang bagus untuk mengembangkan dan mengajarkan keterampilan kepemimpinan melalui olahraga.

Saat memutuskan bagaimana memilih dan mengelola kapten tim sepak bola, Anda ingin mempertimbangkan tiga topik utama: kriteria, tanggung jawab spesifik, dan mempertahankan budaya.

Kriteria untuk siapa kapten sangat penting untuk mengirim pesan yang tepat ke tim Anda. Di Positive Coaching Alliance, kami mendorong para pelatih untuk memilih Triple-Impact Competitor® sebagai kapten tim mereka.

Para atlet ini berusaha menjadikan diri mereka, tim mereka, dan permainan lebih baik. Jika kriteria untuk kapten terwakili dalam kualitas-kualitas ini, para pemain yang memimpin tim akan menjadi pemimpin positif yang akan berkontribusi pada musim yang sukses.

Bagaimana Kriteria untuk Memilih Kapten Tim Sepak Bola ?

Tanggung jawab kapten juga harus direncanakan dan dipikirkan dengan baik oleh staf pelatih. Semoga Anda memilih kapten yang memberi contoh yang tepat untuk anggota tim lainnya, tetapi pelatih dapat mengambil satu langkah lebih jauh dengan memberikan tanggung jawab khusus yang akan membantu keberhasilan tim.

Misalnya, kapten dapat bertanggung jawab untuk mengatur kegiatan di luar lapangan, atau menyiapkan sistem pertemanan untuk pemain yang lebih muda. Ini membuat para pemimpin tim terlibat dalam dinamika pemain, area di mana para pelatih mungkin tidak dapat sepenuhnya mengambil alih.

Memilih kapten tim sepak bola yang tepat dan mengelolanya dengan benar akan menghasilkan mempertahankan budaya tim yang sukses.

Pelatih harus berusaha keras untuk konsistensi dalam budaya positif, dan kapten yang kuat memainkan peran besar dalam memastikan hal ini tetap konstan karena anggota tim berubah dari tahun ke tahun. Jika Anda adalah pelatih pertama kali, ini mungkin sangat membantu.