Rekor Baru Bagi Timnas Indonesia di Ajang Asian Games Usai Mengalahkan Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Timor Leste U-23 di laga pembuka penyisihan Grup E Sepakbola Asia Games 2014 di Inchoen, Korea Selatan. Penyerang senior, Ferdinand Sinaga menjadi bintang di laga ini setelah berhasil mencetak empat gol (quattrick) untuk menghantar Indonesia menang telak 7-0 atas Timor Leste.

Ada dua sejarah yang dicetak Timnas Indonesia U-23 di laga ini. Yang pertama adalah rekor kemenangan ini merupakan rekor kemenangan terbesar Timnas Indonesia di ajang Asian Games mematahkan rekor kemenangan terbesar sebelumnya yang tercipta 52 tahun silam di Asian Games 1962 di Jakarta.

Kala itu Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor besar 6-0 atas Timnas Filipina di penyisihan grup. Namun sayang, walau berhasil menang dengan skor besar atas Filipina, Indonesia gagal melaju ke babak semifinal karena kalah selisih gol dari Vietnam Selatan dan Malaysia setelah tiga tim sama-sama mengumpulkan poin sama empat.

Rekor kedua yang tercipta adalah Ferdinand Sinaga merupakan satu-satunya pemain yang mampu mencetak empat gol (quattrick) dalam satu pertandingan bagi Timnas Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di ajang Asian Games.

Rekor sebelumnya dipegang oleh legenda Indonesia asal Makassar, Ramang. Kala itu, di Asian Games 1954 di Manila, Filipina, Indonesia berhasil mengalahkan India dengan skor telak 4-0 dan di laga itu Ramang berhasil mencetak tiga gol (hattrick).